Pendengaran Super Julie Redfern Yang Justru Menyiksanya

Tak semua kemampuan super itu menyenangkan. Seperti yang terjadi pada Julie Redfern saat telinganya mampu mendengar suara organ tubuhnya sendiri. Mulai dari suara pergerakan mata sampai dengan aliran darah di dalam tubuh mampu ia dengar. Julie pun tak lagi berani makan di tempat umum karena ia mampu mendengar suara rahangnya saat mengunyah makanan. Kegiatan mengunyah makanan yang keras juga ia hindari karena bunyi kunyahannya menyiksa telinga.

Pekerjaannya sebagai resepsionis juga menjadi cobaan tersendiri karena tiap kali telepon berdering di dekatnya, getaran yang dihasilkan membuat bola matanya terasa bergetar. Kasihan sekali bukan? Pertama kali Julie merasakan gangguan tersebut saat bermain tetris di depan komputer dan tiba-tiba ia mendengar suara aneh yang ternyata datangnya dari pergerakan bola matanya sendiri! Ketika berkonsultasi ke dokter, dia diberitahu bahwa masalah tersebut wajar pada orang yang mulai beranjak tua. Namun Julie tetap merasa ada yang salah.

Suatu ketika, dia membaca sebuah artikel yang menceritakan seorang pria yang menderita gejala sama persis dengannya. Dia lalu memfotokopi artikel tersebut dan mengunjungi dokter kemudian dirujuk ke Manchester Royal Infirmary untuk menjalani scan. Hasilnya bahwa dia menderita superior canal dehiscence syndrome (SCDS), suatu kondisi medis yang langka pada telinga bagian dalam yang disebabkan oleh penipisan atau pembentukan rongga pada tulang telinga. Hasilnya, pasien akan menjadi lebih peka terhadap suara.

Menurut dokter ahli THT kondisi itu memang bisa menimpa siapa saja yang dilahirkan dengan tulang telinga tipis atau terlahir tanpa tulang telinga. Dalam kasus yang menimpa Julie, kebocoran saluran di dalam telinga mengubah tulang menjadi rongga-rongga yang memperkuat suara dari dalam tubuhnya. Setelah 7 tahun lamanya bisa mendengar suara aneh, dia menjalani operasi selama 5 jam di mana dokter mengisi rongga-rongga tersebut. Meskipun ada resiko tuli tapi Julie memilih untuk mengoperasinya daripada harus tersiksa terus menerus. 

RELATED POST VIEW ALL
POPULAR
RECENT TAGS