Gula, Masalah Kegemukan Sampai Dengan Kulit Dan Gigi

Selain bikin gemuk, konsumsi gula berlebih pada saat bulan puasa seperti kolak pisang, kue manis atau camilan mengandung gula lainnya tentu bisa mengakibatkan timbulnya diabetes. Kenapa bisa berlebih? Karena menurut seorang ahli bernama Brooke Alpert bahwa gula bisa membuat seseorang seperti kecanduan untuk semakin ingin mengonsumsinya lagi. 

Disamping itu, lonjakan insulin dalam tubuh akan menyebabkan energi mengalami pasang surut sehingga tubuh terasa lamban sepanjang hari. Untuk menghindarinya bisa ditambahkan asupan serat dan protein agar keinginan mengonsumsi gula berkurang. Lonjakan insulin itu juga bisa mengakibatkan masalah pada kulit, yaitu timbulnya jerawat.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, resiko konsumsi gula adalah membuat tubuh jadi gemuk. Kelebihan gula itu sama halnya dengan kelebihan kalori. Dan kurangnya serat dan protein membuat tubuh sulit merasa kenyang sehingga keinginan makan tentu tak terbendung. Bisa dibayangkan akibatnya bukan?

Gigi juga bisa mengalami masalah ketika mengonsumsi gula berlebih, seperti kerusakan ekosistem alami dalam mulut dan berpengaruh pada pH gigi. Padahal air liur sebenarnya memiliki peran dalam menjaga keseimbangan bakteri pada mulut tapi karena terjadi kerusakan ekosistem maka bakteri berkembang biak dengan sempurna dan berujung pada timbulnya rongga dalam gigi.

RELATED POST VIEW ALL
POPULAR
RECENT TAGS