Kedua Kaki Yang Tak Sempurna Tak Menghentikan Eman Sulaiman Menjadi Kiper Terbaik

Sekilas jika melihat Eman Sulaiman tak akan menyangka bahwa dia seorang kiper yang baru saja memperoleh penghargaan sebagai kiper terbaik street soccer Homeless World Cup (HWC) 2016. Selain terlihat sederhana, kondisi fisiknya juga tampak kurang mumpuni karena bertubuh kurus serta kaki kiri yang hanya sebatas lutut serta bagian kanan hanya mencapai pergelangan. 


Tapi kesukaannya terhadap sepakbola tak mengurungkan Eman untuk tidak terjun di lapangan bola. Sejak SD dia sempat menjadi penyerang. Namun dengan kondisi kakinya tersebut akhirnya dia memilih posisi sebagai kiper. Keseriusannya pada dunia bola dibuktikannya dengan mengikuti seleksi di klub futsal bernama Maja Chelsea Futsal. Tentu saja banyak pengalaman baru yang dialami Eman, termasuk harus mengikuti berbagai latihan dengan porsi ketat agar membentuk mental bertanding yang kuat. Bersama klub itu Eman pernah merasakan sejumlah title juara turnamen amatir hingga penghargaan individu. 


Kiprahnya di HWC juga tergolong langka karena dia merupakan satu-satunya atlit penyandang disabilitas pada turnamen internasional HWC 2016. Daya juangnya terlatih sangat baik dan itu terbukti saat bertanding melawan tim Meksiko dan Portugal yang sekaligus menjadi pertandingan paling berkesan. Sosok mantan kiper klub sepakbola Inggris, Manchester United menjadi idolanya. Hampir seluruh pertandingan MU dimana Edwin Van Der Sar beraksi selalu dia pelajari. 

Melalui pengalaman dan pencapaian yang didapatkannya, Eman ingin menjadi motivator bagi anak-anak muda difabel. Karena terbukti bahwa dengan keterbatasan fisik tidak otomatis menghalangi untuk meraih prestasi, asalkan percaya diri dan tak berkecil hati.


RELATED POST VIEW ALL
POPULAR
RECENT TAGS